Selasa, 01 Maret 2016

TUGAS Andorid - Kayu



 KAYU JATI



Kayu jati merupakan kayu yang berasal dari pohon jati, kayu jati sendiri memiliki ciri ciri yakni: berukuran besar, berbatang pohon yang lurus, pada musim kemarau daunnya akan gugur, serta dapat tumbuh hingga ketinggian 30 – 40 m. Kayu jati sudah sangat terkenal kuat dan memiliki banyak manfaat, ada juga sebagian orang menganggap bahwakayu jati merupakan lambang kemewahan begi mereka yang memilikinya (furniture).

Pada awalnya pohon jati dianggap sebagai jenis asing dari pohon yang dimasukkan ke jawa yang ditanam oleh orang orang hindu ribuan tahun yang lalu. Tetapi setelah hasil pengujian variasi isozyme yang telah dilakukan Kertadikara pada tahun 1994 membuktikan bahwa jati di Jawa merupakan hasil evolusi sejak puluhan hingga ratusan ribu tahun yang lalu.






Kepadatan dari kayu jati sendiri berkisar antara 700 sampai 930 kilogram permeter kubik. Kayu jati juga deikenal awet karena anti rayap, jamur, serta udara lembab. Kayu jati juga mampu bertahan pada perubahan suhu udara, hal ini disebabkan oleh karena zat ekstaktif pada pohon yang disebut tectuquinon.


Kayu jati adalah jenis kayu yang termasuk paling tinggi kualitasnya dan sering dijadikan sebagai bahan konstruksi bangunan dan berbagai macam furniture seperti meja, bangku, lemari karena memiliki tekstur dan serat yang indah. Hal ini dikarenakan kayu jati memiliki tingkat kuaitas tinggi dengan kelas awet I, II dan kelas kuat I, II yang baik, kuat, stabil, dan tahan lama jadi cocok sebagai bahan utama kostruksi bangunan yang berbahan utama kayu.



                                      






Tidak ada komentar:

Posting Komentar